Sabtu, 27 Oktober 2012

Apa yang harus disiapkan untuk memulai bisnis online?


Jadi anda sudah menetapkan hati dan keinginan untuk memulai bisnis online anda yang pertama.

Anda tentu bertanya - tanya, apa yang harus disiapkan terlebih dahulu? Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan anda...
  • Komputer PC / Laptop
    Ini sangat diperlukan untuk bekerja dan memasukkan data. Jauh lebih efisien daripada apabila anda menggunakan fasilitas warnet atau rental. Nantinya akan ada data - data penting yang harus anda simpan juga. Tidak perlu memberi seri terbaru, namun cukup yang memenuhi kebutuhan anda saja. 
  • Koneksi Internet
    Ini tentunya juga sangat penting. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan anda, apabila tingkat penjualan dan scheduling anda baik, maka bisa memilih paket yang menengah. Namun apabila budget tidak mencukupi, bisa memilih paket yg lebih murah dan pandai - pandailah mengatur waktu. Apabila memungkinkan, tentunya memilih koneksi dengan akses tanpa batas, karena selain lebih murah juga lebih berguna. 
  • Gudang Penyimpanan
    Tergantung dari jenis produk atau jasa yang anda tawarkan. Apabila bentuknya produk jadi, maka tentu dibutuhkan gudang penyimpanan untuk stock. Bisa berupa ruang kecil atau lemari kecil hingga sebuah kamar khusus. 
  • Tempat Bekerja
    Bagus apabila anda bisa memiliki kantor khusus, atau ruangan khusus. Tapi apabila tidak memungkinkan, minimal carilah satu space khusus di mana anda bisa bekerja dengan tenang dan menyimpan data - data maupun produk anda. 
  • Buat Jadwal Kerja
    Karena anda bosnya, maka anda juga yang harus menentukan waktu kerja anda. Kapan anda akan mengecek order, kapan memproses produk, kapan mengirimkan barang, kapan membalas email, dan lainnya..semua anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan dan kemampuan anda. 
  • Packaging Produk
    Ingatlah bahwa produk yang anda jual akan dikirimkan kepada si penerima. Maka siapkanlah packaging yang kuat untuk kemungkinan apabila barang tersebut dibanting, ditumpuk benda berat, dll
  • Pengiriman
    Pastikan biaya pengiriman terkalkulasi dan pastikan pengiriman yang ingin digunakan. Begitu juga dengan pembungkus dan penempelan detail alamat dan lainnya. Pastikan semuanya lengkap agar tidak terjadi kesalahan pengiriman.
  • Foto
    Apabila anda memiliki kamera dan studio mini yang mampu menghasilkan foto produk yg bagus, itu sudah cukup. Namun apabila tidak memilikinya, dr handphone saja, asal kualitas gambar nya memadai untuk dapat di lihat
Sepertinya beberapa hal yang penting sudah dibahas. Hal - hal lainnya yg lebih detail bisa tersedia, bisa juga tidak. Kemudian kebutuhan - kebutuhan lainnya juga akan meningkat seiring peningkatan jumlah pekerja, misalnya apabila anda memiliki pekerja dan produksi sendiri maka akan dibutuhkan ruangan produksi dll. 
Apa ada masukan dan tambahan tips lainnya? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar